Tips untuk Memaksimalkan Lahan Rumah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah bagus dan luas serta memiliki sisa lahan yang bisa dimanfaatkan lagi? Pasti semua orang mendambakan rumah seperti itu, ya. Masalahnya banyak pemilik rumah yang masih tidak tahu lahan di rumahnya itu mau diapakan. Akhirnya lahan dibiarkan kosong begitu saja sampai rumput tumbuh meninggi. Itu bisa merusak keindahan rumah loh. Nah, jika kamu memiliki rumah dengan lahan yang bisa belum dimaksimalkan penggunaannya, coba deh baca ulasan berikut ini.

Jangan Dibiarkan Nganggur, Begini Cara Memaksimalkan Lahan Rumah

Jika lahan terlalu lama dibiarkan nganggur, lama kelamaan lahan tersebut akan dipenuhi dengan rerumputan liar. Selain bisa merusak pemandangan, rumput liar yang dibiarkan tumbuh lebat bisa mengundang beberapa hewan serangga berbahaya yang dapat mengganggu penghuni rumah. Makanya, segera manfaatkan lahan rumah semaksimal mungkin. Caranya bagaimana? Ikuti tips di bawah ini!

1. Sebagai Arena Bermain Anak

Kalau ruangan di dalam rumah terlalu luas, kamu bisa membeli pembatas ruangan di toko-toko movable partition Jakarta. Tapi kalau lahan yang masih luas, mau kamu gunakan sebagai apa? Salah satunya kamu bisa manfaatkan lahan tersebut sebagai arena bermain anak. Caranya plester tanahnya dan pasang matras yang aman dipakai anak-anak. Berikan juga beberapa wahana permainan seperti ayunan atau seluncuran. Mereka pasti senang mendapatkan space bermain yang nyaman dan aman di sekitar rumah.

2. Jadikan Taman yang Indah

Buat kamu yang suka menanam aneka tanaman, maka lahan yang masih belum terpakai bisa kamu manfaatkan menjadi taman yang indah. Pilihlah jenis tanaman yang disukai oleh keluarga. Jadi, setiap melihat lahan itu, mata akan dimanjakan dengan deretan bunga indah. Pasti rumah akan terasa lebih asri, indah, dan nyaman. Tapi ingat ya, kamu harus rajin merawat taman agar tidak menjelma menjadi taman dengan rerumputan liar yang mengganggu.

3. Tempat Menaruh Kandang Peliharaan

Kamu punya anjing, kucing, atau kelinci? Jangan bingung mau bikin kandang di mana! Buat saja kandang peliharaan di lahan yang belum terpakai. Kandangnya bisa dibangun lebih luas dan tentunya hewan peliharaan menjadi lebih nyaman hidup di sana. Penempatan kandang di lahan juga untuk mengantisipasi barangkali ada tamu yang tidakterlalu nyaman ada hewan peliharaan di dalam rumah. Daripada bikin tamu resah, mending taruh peliharaanmu di kandang yang terdapat di lahan.

4. Bisa Jadi Tempat Parkir

Biasanya orang memarkir motor atau kendarannya sembarang di depan rumah sehingga menganggu pengguna jalan yang lain. Kalau kamu punya lahan yang cukup di sekitar rumah, kamu bisa gunakan lahan itu sebagai tempat parkir motor atau mobil. Bangun kanopi yang memadahi agar kendaraanmu tidak terkena hujan dan panas.Kamu bisa memanfaatkan partisi geser sebagai akses dari rumah ke garasi dan sebaliknya.

5. Buat Kolam Renang

Kalau masih bingung lahan buat apa, mending buat kolam renang saja. Jadi kamu dan keluarga tidak perlu jauh-jauh datang ke wahana kolam renang. Kamu bisa berenang sepuasnya di kolam milik sendiri yang memanfaatkan lahan tidak terpakai. Pasti sangat menyenangkan. Coba deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *