Lakon Animasi

Info Harga Terupdate Material, Dekorasi dan Furniture Terbaru

Mengenal Jenis Pintu Kaca untuk Memperindah Ruangan

Anda pasti sudah tidak asing dengan pintu sebuah ruangan depan, yang terbuat dari bahan kaca. Selain hotel, rumah makan, kantor, dan rumah tinggal, sebenarnya ada juga tempat lain yang memilih untuk menggunakan bahan kaca pada pintunya. Fungsinya pun bermacam-macam. Dan jangan salah, ternyata jenis pintu ini juga bermacam-macam. Sebut saja di antaranya adalah pintu kaca tempered, pintu kaca geser, serta pintu aluminium kaca. Berikut ini jenis pintu kaca lain beserta fungsinya.

  • Pintu Kaca Aluminium

Sebelumnya mungkin Anda pernah mendengar kusen jendela yang menggunakan bahan aluminium. Tetapi sebenarnya bahan aluminium juga sering dipakai pada pintu. Bukan pintu sembarangan, tapi pintu kaca aluminium. Pintu ini tetap berbahan dasar kaca namun ada juga bahan aluminium di dalamnya.

Pintu kaca aluminium termasuk jenis pintu yang menjadi pilihan utama saat melakukan konstruksi bangunan. Banyak juga penyedia jasa yang menyediakan bahan ini karena dianggap akan terus dipesan orang. Fungsi pintu ini untuk memberikan kesan mewah dan transparansi.

 

  • Pintu Kaca Frameless

Jenis pintu ini pasti sering sekali Anda temui. Misalnya saja di pintu masuk mall, pintu masuk kantor, pintu masuk toko, dan lain-lain. Frameless artinya tanpa rangka. Akhirnya, pada kedua sisi pintu tersebut, sudah tidak menggunakan bingkai, namun langsung kaca yang menyambung. Juga, biasanya agar berfungsi lebih aman, jenis ini menyediakan semacam pengganjal di bagian bawahnya sebagai tempat untuk mengunci. Karena tidak ada pegangan sama sekali, jadi semua barang bawaan harus dititipkan. 

 

  • Pintu Kaca Semi Frameless

Jika Anda ingin sekali menggunakan pintu kaca pada bangunan Anda, maka sangatlah wajib jika memilih jenis pintu kaca semi frameless. Jenis ini banyak dipilih orang karena bentuknya elegan, unik, dan semakin mewah. Ini karena kesan frame yang selama ini kaku, digantikan oleh bahan stainlessteel, atau bilah kayu. Ya, dengan kata lain, fungsinya adalah untuk menambah kesan lain yang sesuai dengan ruangan atau bangunan tersebut.

Anda tetap bisa menggunakan bahan kaca tempered agar lebih kokoh, kuat, dan tahan lama. Namun ingat, Anda juga harus menyesuaikan dengan situasi pada ruangan atau bangunan Anda.

 

  • Pintu Kaca Geser

Namanya juga geser, pastilah pintu jenis ini bentuknya pintu yang bisa digeser. Fungsinya untuk lebih memudahkan saat proses orang masuk dan keluar dari dalam gedung atau ruangan. Pintu geser kaca ini akan bergerak atau bergeser masing-masing ke arah samping kanan dan kiri. Ada yang memasang sensor membaca gerak atau panas tubuh, sehingga saat seseorang sudah mendekati pintu ini, makan akan terbuka secara otomatis. Jenis pintu geser kaca ini pasti sangat sering juga Anda lihat di berbagai tempat.

 

  • Pintu Kaca Lipat

Selain pintu kaca geser yang unik, ada juga jenis lain, yaitu pintu kaca lipat. Nah, jenis pintu yang terakhir ini memiliki keistimewaan, karena bisa dilipat. Biasanya pintu ini terdiri dari minimal dua daun pintu karena berfungsi saat dilipat. Fungsi jenis pintu ini adalah membuka pemandangan yang lebih luas dari ruangan tempat seseorang berada. Misalnya saja saat berada di arena kolam renang atau yang lainnya.

Pintu berbahan dasar kaca memang selalu menjadi primadona dalam membangun sebuah bangunan. Selain bisa terlihat lebih indah, fungsinya juga sebagai pintu depan yang lebih praktis bagi orang-orang yang lalu lalang. Setelah mengetahui berbagai jenis pintu kaca seperti di atas, semoga Anda sudah bisa menentukan pilihan. Selamat membangun atau merenovasi bangunan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *