Lakon Animasi

Info Harga Terupdate Material, Dekorasi dan Furniture Terbaru

Penggunaan Parket di Lantai Rumah

Parket merupakan salah satu jenis material yang banyak digunakan untuk membuat lantai di rumah-rumah. Lantai dari material ini terbuat dari kepingan kayu yang saling terkunci dan diperkuat lagi dengan menggunakan paku tembak. Lantai jenis ini saat ini banyak digunakan karena dinilai memiliki banyak keuntungan terutama dari segi dekorasi atau desain interior rumah.

Bisa kita lihat bahwa saat ini lantai dengan nuansa kayu sangat populer di masyarakat. Jenis lantai seperti ini bisa memberi kesan natural dan membuat ruangan Anda menjadi terasa lebih hangat. Selain itu, lantai ini juga bisa awet digunakan selama suhu lingkungan tidak lembab dan tidak ada pengaruh lain yang bisa membuat kayu menjadi cepat keropos.

Lantai kayu tampaknya tetap akan menjadi tren untuk beberapa waktu ke depan. Mengingat ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh material lantai yang satu ini, tampaknya akan semakin banyak orang yang berminat untuk mengaplikasikannya di rumah mereka secara langsung.

 

Jenis-Jenis

Saat ini, ada banyak tempat yang menawarkan lantai kayu atau parquet lantai. Jasa pemasangan lantai semacam ini juga semakin mudah untuk ditemukan. Namun, sebelum menggunakan lantai jenis ini, ada baiknya Anda mengetahui lebih detail terutama tentang jenis-jenisnya.

Berikut adalah beberapa jenis parket yang beredar di pasaran saat ini:

 

1. Solid Wood

Solid wood merupakan material yang dibuat dari kayu yang keras. Contoh material kayu yang keras adalah kayu jati atau ulin. Biasanya bentuknya berupa kepingan kecil dengan ukuran 5 hingga 10 mm. Kepingan ini lalu disusun dalam bentuk mozaik yang kemudian dirangkai lagi menjadi pola tertentu.

Jenis solid wood ini memiliki umur yang panjang dan penampilannya juga estetik. Cocok sekali dipakai untuk konsep ruangan yang mewah. Namun, jenis kayu ini juga membutuhkan perawatan yang khusus agar kayu tidak diserang rayap. Selain itu, harga solid wood juga tergolong lebih mahal dari tipe yang lainnya.

 

2. Engineered Parquet

Engineered parquet terbuat dari lapisan tipis kayu asli. Pada bagian bawahnya, terdapat kayu lain yang berkualitas lebih rendah. Parquet jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah. Kelebihannya, engineered parquet memiliki usia pakai yang lama. Justru semakin tua usia kayu maka akan membuat parket ini memiliki penampilan yang lebih bagus.

Karena harganya murah, maka engineered parquet ini banyak dijadikan sebagai pilihan atau alternatif bagi mereka yang ingin memiliki lantai dari kayu. Namun, harga yang murah ini juga sebanding dengan kualitasnya yang tidak begitu bagus. Karena harganya murah, maka ada juga penurunan kualitas dari segi material kayu yang digunakan.

 

3. Laminate Parquet

Laminate parquet terbuat dari serbuk kayu yang kemudian dipadatkan dengan metode pressing. Material ini terbuat dari bahan MDF atau Medium Density Fiberboard. Bahan ini merupakan bahan fiber yang kemudian diberikan motif kayu. Tampilannya glossy dan lebih licin dari material yang lain.

Laminate parquet memiliki kelebihan yaitu harganya yang tergolong lebih rendah atau murah dari material parquet lainnya. Meskipun harganya murah namun kualitasnya lebih bagus dan bisa menimbulkan kesan mewah atau elegan. Namun, di sisi lain material ini lebih licin dan bisa berbahaya.

Itulah tadi beberapa jenis parket yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin memiliki lantai kayu dengan kualitas dan ketahanan yang lebih baik, maka silakan gunakan kayu dengan kualitas yang kuat. Contohnya, Anda bisa menggunakan lantai kayu jati yang tentu saja kualitasnya akan jauh lebih bagus dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *